Profile

Join date: Oct 17, 2022

About
0 Like Received
0 Comment Received
0 Best Answer

Makanan Daerah yang Dimodifikasi, Mudah Dibuat dan Cocok Jadi Peluang Usaha


Makanan area identik bersama dengan ciri khas bahan baku pembuatan yang khas dari area masing-masing. Selain itu kadangkala rasa makanan tradisional cukup sederhana. Mengingat dahulu belum tersedia bumbu dapur yang selengkap pas ini. Namun pas ini sudah banyak bermunculan kreasi makanan area yang dimodifikasi menjadi makanan kekinian.


Melansir dari Buku Prakarya dan Kewirausahaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, makanan area yang dimodifikasi memiliki tujuan untuk mengimbuhkan varian bentuk dari suatu resep masakan. Selain itu, memperpanjang umur makanan, hingga menambahkan varian rasa agar lebih kekinian dan sesuaikan selera masyarakat.


Ada beberapa makanan area yang dimodifikasi dan tersedia termasuk makanan area yang tidak dapat diubah resepnya, dikarenakan aspek rutinitas dan rutinitas istiadat. Beberapa makanan area yang dimodifikasi di antaranya cireng, kue cubit, timlo, hingga mochi.





1. Pisang Goreng


Nah ini nih tipe gorengan yang selamanya dapat kamu nikmati kapanpun. Rasa pisang yang manis bersua bersama dengan kulit pisang goreng yang crunchy dapat memanjakan lidah kamu deh. Enggak cukup bersama dengan tipe pisang goreng yang gitu-gitu aja. Pisang goreng merupakan makanan area yang dimodifikasi.



2. Nasi Uduk


Macaroon Nasi Uduk adalah salah satu perumpamaan makanan area yang dimodifikasi, perpaduan khas kuliner khas Jakarta dan Perancis. Nasi uduk asal Betawi umumnya dikemas dalam rasa gurih bersama dengan gabungan aroma rempah. Nasi uduk tradisional sering di sediakan bersama dengan timun, emping goreng, mengerti goreng, irisan telur goreng, kering tempe, abon, bawang goreng, suwiran ayam goreng, dan sambal kacang.


Setelah mendapatkan sentuhan inovasi, gurihnya nasi uduk bercampur rasa macaroon yang cenderung manis. Ternyata, sedap dan lezat juga, lho. Saat menyantap dessert macaroon, langsung terbayang nasi uduk tradisional bersama dengan lauk lengkap.






3. Cireng


Makanan khas orang Sunda yang terbuat dari tepung tapioka ini dulunya hanya salah satu tipe gorengan. Biasanya dimakan bersama dengan saus oncom atau sudah tersedia isian oncomnya. Sekarang, cireng menjadi makanan area yang dimodifikasi. Cireng nggak hanya memuat oncom atau diguyur saus oncom saja, sudah banyak yang menjual cireng bersama dengan isian yang begitu banyak ragam kayak sosis, keju, bakso, atau kornet. Selain itu saat ini cireng termasuk menjadi camilan kelas atas dikarenakan sudah dimodifikasi bersama dengan lelehan keju mozarella.


4. Martabak


Makanan khas Bangka Belitung ini ternyata punya fans di mana-mana. Panganan yang identik bersama dengan buah tangan dikala kamu mau ke rumah pacar ini termasuk dibikin kekinian. Pasti sudah mengerti dong martabak kekinian itu yang kayak apa? Yups martabak zaman saat ini punya toping yang terlampau begitu banyak ragam dan kekinian banget. Bahkan topingnya yang begitu banyak ragam itu dapat kamu dapatkan semua dalam satu loyang martabak.



5. Nasi Timlo


Mendengar menu timlo saat itu juga teringat kota Solo. Nasi timlo dikenal sebagai masakan tradisional tidak mahal meriah. Kini, kuliner berikut disulap menjadi lebih mewah oleh. Nasi timlo menjadi makanan area yang dimodifikasi cukup mudah.

Nasi timlo dimodifikasi bersama dengan foie gras yang harganya termahal di dunia. Hasilnya, rasa nasi timlo foie gras duck lebih lezat bersama dengan penampilan high class. Foie gras sendiri merupakan makanan yang terbuat dari hati bebek, rasanya gurih berselimutkan lemak, berpadu bersama dengan segarnya kuah timlo Solo yang menggugah selera.

Kalau kamu tertarik berbisnis kuliner ini, memilih segmen pasar menengah ke atas. Pasalnya, harga nasi timlo foie gras lebih mahal ketimbang nasi timlo original. Mungkin, dapat bersama dengan langkah terhubung restoran di mal atau pusat pertokoan di kota besar.



6. Ayam Geprek Mozzarella


Ayam geprek merupakan masakan asli dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Rasa orisinal ayam geprek umumnya gurih and pedas. Tapi, jika menyantap menu ini bersama dengan baluran keju mozarella, kamu dapat mendapatkan cita rasa yang berbeda.


Ayam geprek bersama dengan keju Italia (mozzarella) merupakan salah satu makanan area yang dimodifikasi. Rasa ayam geprek melebur bersama dengan gurihnya mozzarella.


Terlebih usaha kuliner ayam geprek sebetulnya tengah menjamur, agar peluang usaha ayam geprek mozarella begitu menjanjikan.


7. Mochi


Mochi bersama dengan aneka rasa menjadi salah satu makanan area yang dimodifikasi. Berbahan basic sama bersama dengan cireng, panganan tradisional yang satu ini termasuk dibikin kekinian.


Pada umumnya mochi memuat kacang tumbuk yang tetap kasar. Nah kali ini agak berbeda, mochi memuat es krim. Lembut dan manisnya kulit mochi tetap ketemu dinginnya es krim yang dapat meleleh dikala kamu menggigitnya.


8. Surabi


Surabi merupakan makanan area yang dimodifikasi sesuai bersama dengan selera dapat muda. Makanan yang pernah hanya punya dua toping yaitu oncom dan taburan gula atau coklat meses ini saat ini sudah punya banyak pilihan topping.


Enggak hanya toping kekinian yang manis saja, toping bersama dengan rasa asin yang begitu banyak ragam termasuk ada. Tinggal sesuai bersama dengan selera aja mau yang manis atau asin.



9. Kue Cubit


Kue manis bersama dengan tekstur 1/2 matangnya yang khas ini emang sedap banget deh. Apalagi jika dimakan pas tetap hangat. Kue cubit termasuk salah satu makanan area yang dimodifikasi.


Kalau pernah toping kue cubit hanya taburan meses coklat atau warna-warni, kini varian toping kue cubit sudah bermacam-macam. Dari remahan Oreo, keju, coklat Nutella hingga Kitkat matcha. Warna adonannya termasuk tersedia yang warna-warni lho.


M
Makanan Khas Jawa Tengah Yang Paling Terkenal

Makanan Khas Jawa Tengah Yang Paling Terkenal

More actions